KAPANKAH WAKTU YANG BAIK UNTUK MINUM KOPI? Bagi sebagian orang, menikmati kopi d...

KAPANKAH WAKTU YANG BAIK UNTUK MINUM KOPI?

Bagi sebagian orang, menikmati kopi di pagi hari seolah menjadi suatu hal yang tak boleh terlewatkan. Sarapan pagi dengan minum kopi yang mengandung kafein dapat meningkatkan semangat, membuat diri jadi lebih fokus dan konsentrasi serta produktif menjalani hari. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa ternyata minum kopi saat sarapan pagi memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh.

Seperti dilansir Care 2, kopi sebenarnya tidak disarankan untuk diminum pada pagi hari terutama di antara jam 8-9 pagi. Penelitian yang hasilnya diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyebutkan bahwa tubuh sedang memproduksi hormon kortisol pada jam 8-9 pagi. Hormon ini bermanfaat untuk meningkatkan energi pada tubuh secara alami.

Apabila Anda mengonsumsi kafein, maka kafein tersebut akan meningkatkan produksi hormon kortisol. Sayangnya, salah apabila Anda beranggapan peningkatan hormon kartisol akan menambah energi Anda. Pasalnya, peningkatan hormon kartisol justru akan menyebabkan kecemasan dan tidak tenang. Alhasil, menjelang jam makan siang Anda akan merasa sangat lelah akibat memforsir energi dan berusaha keras mengatasi kecemasan di tubuh.

Untuk itu, waktu yang baik bagi tubuh untuk mengonsumsi kopi adalah di siang hari, saat tubuh Anda sudah kelelahan. Anda dapat memanfaatkan kopi untuk membangkitkan kembali energi yang sudah surut dengan meningkatkan jumlah hormon kortisol dalam tubuh.

Sementara untuk sarapan pagi, lebih disarankan untuk mengonsumsi segelas air hangat dicampur dengan air lemon. Ramuan ini dikabarkan dapat membantu membersihkan pencernaan, memperlancar buang air besar dan membuat tubuh lebih fresh.

0 komentar:

Posting Komentar