Pernyataan Resmi AS: `Segitiga Bermuda` Mitos Belaka Seiring berlalunya waktu,...

Pernyataan Resmi AS: `Segitiga Bermuda` Mitos Belaka



Seiring berlalunya waktu, keangkeran kawasan dalam wilayah imajiner yang menghubungkan Bermuda, Florida, dan Puerto Rico, memudar. Dan kini resmi dinyatakan: Segitiga Bermuda adalah mitos.

Selama beberapa dekade, Segitiga Bermuda identik dengan wilayah 'terkutuk', lokasi hilangnya banyak pesawat dan kapal -- beserta manusia yang ada di dalamnya. Perairan itu dikaitkan dengan banyak spekulasi dari markas alien, black hole atau lubang hitam yang menyedot benda dan membawanya ke dimensi lain, piramida misterius, wilayah Atlantis Yang Hilang, sampai rumah iblis.

Kini,National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), badan ilmiah di bawah Departemen Perdagangan AS kembali meluruskan segala anggapan itu. NOAA menegaskan, faktor cuaca dan buruknya navigasi menjadi segala penyebab hilangnya banyak alat transportasi di Segitiga Bermuda.

"Tidak ada bukti bahwa kehilangan misterius yang terjadi di Segitiga Bermuda terjadi dengan frekuensi yang lebih besar dibandingkan wilayah laut lainnya," demikian pernyataan lembaga itu dalam situsnya bukan ini, seperti dimuatDaily Mail, 9 Februari 2014.

Ben Sherman, juru bicara Layanan Kelautan Nasional NOAA kepada Sun Sentinel mengatakan, lembaganya menulis kisah Segitiga Bermuda sebagai bagian dari program pembelajaran masyarakat dan menjawab pertanyaan dari para pembaca situs.

NOAA juga berpegangan pada bukti ilmiah dari Angkatan Laut AS atau US Navy dan US Coast Guard yang tak mengakui eksistensi Segitiga Bermuda, sebagai wilayah geografis yang memiliki ancaman khusus untuk kapal atau pesawat.

"Berdasarkan kajian, kecelakaan pesawat dan kapal di daerah tersebut selama bertahun-tahun, tidak ditemukan bukti yang mengindikasikan bahwa itu disebabkan apa pun selain penyebab fisik."

0 komentar:

Posting Komentar