Snowden : “Tri, Telkomsel, XL dan Indosat ikut Terlibat Penyadapan” Snowden m...

Snowden : “Tri, Telkomsel, XL dan Indosat ikut Terlibat Penyadapan”





Snowden membenarkan bahwa ada 4 provider di Indonesia ikut terlibat aksi penyadapan, hal itu diungkap Edward Snowden (18/11) padaGuardiandalam dokumen penyadapan, yang dilakukan oleh Australia terhadap Presiden SBY, Istrinya dan pejabat negara lainnya.

Keempat provider tersebut adalah Excelcomindo (XL), Telkomsel, Indosat dan Hutchison 3G.

Harian berita InggrisThe Guardianmenyebut butuh keterlibatan provider lokal dalam hal ini di Indonesia. Dengan keterlibatan provider tersebut, maka penyadapan bisa dilakukan.

Disebutkan, penyadapan melalui provider itu bisa dilakukan secara sukarela atau bahkan di bawah tekanan.

Aksi penyadapan oleh Australia kembali dibongkar.Harian Sydney Morning Herald (SMH)dari Australia danThe Guardiandari Inggris, terbitan Senin (18/11/2013), mengungkap penyadapan lain.

Penyadapan itu tidak hanya ke ponsel yang digunakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tetapi juga ponsel Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Wapres Boediono.

Penyadapan juga terhadap sejumlah menteri kabinet Indonesia. Penyadapan dimulai tahun 2007.

Berdasarkan data yang dibocorkan mantan karyawan Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden, kegiatan mata-mata Australia terhadap Indonesia tidak hanya menyadap telepon Presiden Susilo Bambang Yodhono (SBY). Sembilan orang di lingkaran dalam SBY, termasuk istrinya Kristiani Herawati, juga ikut disadap teleponnya.



-Sam

0 komentar:

Posting Komentar