Agar Tak Alami Kesulitan Berbahasa, Balita Perlu 'Puasa TV' Kesulitan dalam ber...

Agar Tak Alami Kesulitan Berbahasa, Balita Perlu 'Puasa TV'



Kesulitan dalam berbahasa dapat membuat anak terhadang berbagai kesulitan di kemudian hari. Misalnya sukar berinteraksi, mengerjakan tugas, maupun bergaul. Salah satu siasat untuk mencegahnya ialah dengan menjauhkan anak dari televisi serta ponsel pintar.

Hal tersebut dituturkan oleh Prof Dr Amitya Kumara, MS, Psi, Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada dalam seminar bertajuk 'Kesulitan Berbahasa pada Siswa dan Kiat Memotivasinya'. Paparan tersebut didapatnya ketika mengikuti sebuah konferensi internasional di Washington.

"Seharusnya anak umur 2 sampai 5 tahun itu puasa dari televisi dan iPad, karena perangkat-perangkat itu dapat memengaruhi kemampuan bahasa anak," terang wanita yang lahir di Yogyakarta pada 25 Februari 1960 itu.

Dalam rentang usia tersebut kemampuan verbal anak perlahan akan terbentuk. Sayangnya proses itu dapat dikacaubalaukan oleh kehadiran televisi dan ponsel pintar. Menurut Prof Ami, anak yang seharusnya distimulasi agar gemar membaca atau berbicara justru menjadi pasif lantaran dijejali dengan aneka tayangan dalam televisi dan permainan dalam ponsel pintar.

Beberapa aplikasi ponsel pintar memang digadang dapat membantu anak untuk belajar membaca. Misalnya saja, seperti dikutip dari Wolipop, aplikasi Super Why dan Complete Toddler Preschool. Aplikasi Super Why digadang dapat mengajak anak untuk belajar mengenal huruf, angka, mengeja, menulis, serta membaca. Sedangkan aplikasi Complete Toddler Preschool mengajak buah hati untuk mengenal bentuk dan huruf.

Namun agar anak piawai dalam berbahasa atau membaca, Ami lebih merekomendasikan peranan orangtua ketimbang piranti elektronik. Orangtua dapat menstimulasi kemampuan verbal anak dengan menceritakan sesuatu, membacakan dongeng, maupun mengajak berdiskusi.

0 komentar:

Posting Komentar