Kenapa mobil bisa tiba-tiba mogok di rel kereta api? Ini juga sering banget kan...

Kenapa mobil bisa tiba-tiba mogok di rel kereta api?



Ini juga sering banget kan kejadian sampai menimbulkan korban jiwa banyak. Terus biasanya orang-orang pada suka mengaitkannya sama 'penunggu' tempat itu. Padahal ketimbang mengkambinghitamkan mereka, sebenarnya ada kok penjelasan ilmiahnya.



Jadi, menurut ilmuwan, medan magnet yang dikeluarkan roda kereta api yang menghantar ke rel adalah penyebab kenapa mobil bisa tiba-tiba mogok. Asal tahu aja, roda kereta yang berbahan baja jenis ferritic mempunyai medan magnet yang sangat kuat, bahkan yang terbaik medan magnetnya dari jenis baja lainnya.



Karena perputaran roda yang sangat cepat dan tinggi itulah, maka medan magnet akan maju duluan merambat melalui rel sejauh 600 meter ke depan. Artinya, ketika kereta api lewat, dalam radius 600 meter ke depan rel tersebut sudah menghantarkan medan magnet yang tinggi. Jika pada saat itu ada mobil yang melintas di atas rel, maka medan magnet itu dapat mematikan mesin mobil secara mendadak. Gawat gak tuh?



Nah, sebenernya pengaruh medan magnet ini bisa dinetralkan dengan membuatkan ground yang menghubungkan rel dengan tanah. Itu akan bisa menghilangkan medan magnetnya, terutama sih di pintu perlintasan yang tanpa palang pintu ya biar pada selamat.



Terus, berdasarkan teori medan magnet, maka kendaraan yang rawan mogok mendadak di atas rel adalah kendaraan yang berbahan bakar bensin. Sedangkan yang menggunakan solar tidak terpengaruh. Ini karena kendaraan berbahan bakar bensin masih menggunakan platina dan CDI.



Saat terkena medan magnet besar, pengapian CDI ini akan terpengaruh sehingga mesin bisa mati. Selain itu, kekuatan akinya masih 12 volt. Sementara kendaraan berbahan bakar solar berbeda, kekuatan akinya di atas 12 volt, juga tidak menggunakan platina.



fadhlihsan.blogspot.com





Omαh Ilmoe

fadhlihsan.blogspot.com

Grece Anti Perspirant, natural deodorant yang terbukti ampuh dan efektif untuk menghilangkan bau badan. Dapatkan DI SINI!

0 komentar:

Posting Komentar